May 28, 2016

Yogi Duwi Setiyawan: Mengenal Tentang Apa Itu Distro Linux

Mengenal Tentang Apa Itu Distro Linux

Belajar Mengenal Distro Linux

belajar tentang distro linux
Distro Linux

Cuplikan Distro Linux :

Distro Linux (singkatan dari distribusi Linux) adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux. Distribusi Linux bisa berupa perangkat lunak bebas dan bisa juga berupa perangkat lunak komersial seperti Red Hat Enterprise, SuSE, dan lain-lain. Ada banyak distribusi atau distro Linux yang telah muncul. Beberapa bertahan dan menjadi distro besar, bahkan sampai menghasilkan distro turunan, contohnya distro Debian GNU/Linux. Distro ini telah menghasilkan puluhan distro turunan, antara lain Ubuntu, Knoppix, Xandros, DSL, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan distro Linux, anda dapat mengunduh langsung dari situs distributor distro bersangkutan, mengunduhnya dari mirror lokal ( misalnya untuk mirror lokal Indonesia ) atau membelinya dari penjual lokal.

Sejarah

Linus Torvalds mengembangkan kernel Linux dan didistribusikan versi pertama yaitu versi 0,01, pada tahun 1991. Pada saat pertama kali didistribusikan hanya berupa source kernel saja, kemudian menjadi dapat diunduh dalam bentuk images cakram flopi (bahasa Inggris: floppy disk), satu bootable yang berisi kernel, dan satu set utilitas GNU dan alat untuk menyiapkan sistem file. Karena prosedur instalasi yang rumit, terutama dalam menghadapi pertumbuhan jumlah perangkat lunak yang tersedia, distribusi mulai bermunculan untuk menyederhanakan masalah ini.

Distribusi awal meliputi:

 

    H. J. Lu's "Boot-root", sebuah dist images yang terdiri dari kernel dan alat minimal untuk memulai

    MCC Interim Linux, yang dapat diunduh untuk umum pada server FTP University of Manchester pada bulan Februari 1992

    TAMU, dibuat di Texas A&M University pada waktu yang hampir bersamaan dengan MCC Interim Linux

    SLS (Softlanding Linux System)

    Yggdrasil Linux/GNU/X, distribusi Linux pertama yang berbasis CD-ROM

SLS tidak terpelihara dengan baik, sehingga Patrick Volkerding merilis distribusi baru berdasarkan SLS yang ia namakan Slackware, dirilis pada tahun 1993. Slackware merupakan distribusi tertua yang masih ada hingga saat ini. selengkapnya >>

G+

No comments:

Post a Comment